FORM PKG 2016

LAPORAN DAN EVALUASI
PENILAIAN KINERJA  GURU MATA PELAJARAN


Nama Guru                            :  ZUNI MARDLIYANA,  S.Pd
NIP/Nomor Seri Karpeg       :  -
Pangkat /Golongan Ruang     :  -
Terhitung Mulai Tanggal :  -
NUPTK/NRG :  -
Nama sekolah dan alamat       :  UPTD SMA NEGERI 1  PAPAR. Jl.Raya 382 Janti Papar Kab.Kediri.
Tanggal mulai bekerja
di sekolah ini :  14  JULI 2015
Periode penilaian :  01 Januari 2016 sampai 31 Desember 2016
                                                          (tanggal, bulan, tahun) (tanggal, bulan, tahun)

PERSETUJUAN
(Persetujuan ini harus ditandatangani oleh penilai dan guru yang dinilai)

Penilai dan guru yang dinilai menyatakan telah membaca dan mamahami semua aspek yang ditulis/dilaporkan dalam format ini dan menyatakan setuju.





Nama guru ¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬,




Zuni Mardliyana, S.Pd.
NIP. - Nama penilai,




     Suci Andayani, S.Pd.
      NIP. 19610102 198501 2 001

Tanggal 28 Desember 2016







Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Daftar Nama peserta didik dan hasil ulangan peserta didik
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
a) Guru sudah memiliki daftar nama peserta didik
b) Guru sudah melakukan ulangan terhadap peserta didik
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya mengidentifikasi peserta didik dari aspek :
a) Fisik intelektual
b) Sosial  emosional
c) Moral dan
d) Latar belakang sosial budaya
Selama Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Kegiatan guru selama proses belajar mengajar
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
Guru  berkeliling mensupervisi semua peserta didik
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya lebih aktif lagi melakukan pengecekan secara rutin dengan  bertanya kepada peserta didik tentang media belajar yang digunakan
Setelah Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Denah tempat duduk siswa ( mengganti secara berkala posisi duduk peserta didik
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru sudah membuat program untuk mengganti posisi tempat duduk bagi peserta didik yang kurang maksimal penglihatan dan pendengarannya atau peserta didik yang memerlukan perhatian khusus
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya memberikan tempat  duduk peserta didik yang pendengaran dan penglihatan kurang maksimal diposisikan ditempat yang sesuai






Pemantauan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
Guru sudah  membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik antara
lain :
- Catatan supervise peserta didik
- Catatan karakteristik peserta didik










































Kompetensi 2 : Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Rencana Program Pembelajaran (RPP)
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru sudah membuat RPP termasuk strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut

Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya lebih kreatif lagi dalam dalam menyusun RPP dengan melihat kesiapan belajar,tingkat pembelajaran,dan cara belajar para peserta didik
Selama Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Aktifitas pendidik selama di dalam kelas
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
a) Guru menggunakan berbagai macam teknik untuk memberikan motifasi belajar
b) Guru sudah menghubungkan hal-hal baru dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik.
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif lagi dalam menghubungkan hal-hal baru yang kaitannya dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik
Setelah Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa RPP dan Aktifitas pendidik selama di dalam kelas
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru sudah melaksanakan aktifitas pembelajaran yang sesuai dengan skenario yang sudah dirancang dalam RPP
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya lebih kretif lagi dalam proses pembelajaran supaya tidak monoton,karna hanya menyampaikan skenario yang ada di dalam RPP saja







Kompetensi 3 : Pengembangan Kurikulum

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) Wawancara dengan pendidik
b) Silabus dan RPP
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
a) Guru sudah menyusun silabus yang sudah sesuai dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan
b) Guru sudah menyusun RPP yang sesuai dengan silabus
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru lebih inovatif lagi dalam penyusunan RPP
Selama Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa   Bahan ajar (Materi ajar)
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
a) Guru sudah menyusun materi (bahan) ajar yang sesuai dengan latar belakang,dan tingkat pembelajaran peserta didik
b) Guru sudah menyusun materi (bahan) ajar yang sesuai dengan materi yang mutakhir
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya pendidik (guru)  lebih mengembangkan kemampuan dan keterampilan generik yang tercakup dalam mata pelajaran misalnya : Kreatifitas, berfikir kritis berfikir inovatif dan pemecahan masalah
Setelah Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa   Wawancara dengan pendidik
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru  memnfaatkan hasil pembelajaran yang dilaksanakan untuk mengembangkan topik mata pelajaran berikutnya
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru  lebih kreatif lagi dalam menghubungkan materi yang diajarkan dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari


Kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang mendidik

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) Wawancara dengan pendidik
b) Rencana program Pembelajaran ( RPP)
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru telah menyusun rencana pembelajaran yang mendidik secara lengkap dan menyusun materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru  lebih mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan IT (LCD) untuk memotifasi belajar peserta didik
Selama Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Rencana Program Pembelajaran (RPP)
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
a) Guru  sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
b) Guru  sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan waktu yang dirancang dalam RPP serta melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru  lebih mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan IT (LCD) untuk memotifasi belajar peserta didik
Setelah Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) Wawancara dengan pendidik
b) RPP
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
a) Guru sudah menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang mendidik secara lengkap
b) Guru sudah memanfaatkan IT dalam menyampaikan materi pembelajaran
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru mengatur pelaksanaan pembelajaran secara sistematis, missal : menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya





Kompetensi 5 : Memahami dan Mengembangkan Potensi

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) Buku Analisis Ulangan Harian
b) Wawancara dengan guru
c) RPP
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru sudah melaksanakan analisis terhadap potensi pembelajaran setiap peserta didik
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru tidak hanya mempunyai catatan tentang prestasi akademik saja melainkan harus memiliki  buku/catatan khusus tentang perkembangan kepribadian,dan kreativitasnya
Selama Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa   Pengamatan /observasi
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
Guru sudah memberikan perhatian terhadap kontribusi yang diberikan oleh peserta didik dan sudah banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pemikiran/pendapat
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya lebih memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemikiran dan pengalamannya sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari dilingkungannya
Setelah Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) RPP
b) Wawancara
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru melakukan tindak lanjut terhadap topik yang dianggap menarik atau sulit
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya pendidik (guru) mengembangkan potensi dan manfaatnya dari peserta didik yang pernah mendapat perhatian khusus perbaikan dalam menyusun RPP selanjutnya


Kompetensi 6 : Komunikasi dengan peserta didik

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Wawancara
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberI pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka.
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru menyajikan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik diantara peserta didik
Selama Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Pengamatan / Observasi
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
Guru telah menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberi pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide dan pengetahuan mereka
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya menggunakan pertanyaan yang bervariasi ,sehingga pertanyaan tersebut mencakup anak didik yang pandai maupun yang kurang pandai
Setelah Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa   Wawancara
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru saat berkomunikasi selama proses pembelajaran sangat efektif dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang merespon pertanyan darp guru
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya lebih aktif lagi dalam berkomunukasi kepada peserta didik sehingga suasana kelas lebih komunilatif dengan banyaknya pertanyaan dari peserta didik.


Kompetensi 7 : Penilaian dan Evaluasi

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) RPP
b) Instrumen penilaian / alat penilaian
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru sudah menyiapkan alat evaluasi/penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang tertulis dalam RPP
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefleksinya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya
Setelah Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa   Instrumen penilaian
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
a) G sudah melaksanakan penilaian dan menganalisnya dan menunjukkan topik-topik yang sulit kepada peserta didiknya
b) Guru sudah melaksanakan remedial bagi peserta didik yang nilainya masih dibawah KKM
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru mendeskripsikan dan memanfaatkan hasil analisis penilain untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran berikutnya








Kompetensi 8 : Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan
                            kebudayaan nasional

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa   Sikap/Perilaku guru
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
Guru sudah bertindak sesuia dengan hukum di Indonesia dan semua kegiatannya sudah mengindikasikan penghargaan terhadap keberagaman
Tindak lanjut yang diperlukan:
Guru hendaknya lebih membuka cakrawala pandang tentang keberagaman agama yang dianut oleh peserta didiknya.
Pemantauan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Hasil Wawancara dengan warga sekolah
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
Guru dalam pergaulan sehari-hari  berperilaku saling menghormati, menghargai, membantu dll kepada sesam sesuai dengan keberadaan masing-masing












Kompetensi 9 : Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Selama Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Pengamatan / observasi
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
a) Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan dan berbuat terhadap peserta didik dan warga sekolah
b) Guru  bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran
c) Guru berperilaku baik dalam mencitrakan nama baik sekolah
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru lebih mengingatkan kembali kepada peserta didik yang yang kurang memperhatikan guru waktu berbicara dan mendisiplinkan peserta didik tersebut
Pemantauan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Wawancara dengan KS, Wakil KS dan Koordinator PKB
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
Guru hendaknya mengembalikan hasil tes kepada peserta didik selanjutnya untuk diperiksa wali muridnya masing-masing dan dibubuhi tanda tangan serta tanggapan wali murid








Kompetensi 10  : Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa bangga
                                menjadi guru

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  WAWAN KRISTANTO, S.Pd.
Selama Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Bahan ajar / materi ajar
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
Guru memiliki materi ajar tambahan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh guru piket apabila yang bersangkutan harus melakukan tugas lain
Tindak lanjut yang diperlukan:
Sebaiknya tugas yang diberikan kepada guru piket harus yang jelas, supaya tidak ada persepsi tugas yang memerlukan jawaban dari guru yang mengampu pelajarannya
Pemantauan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Pemantauan dan wawancara
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
Guru sudah sudah tepat waktu dalam mengawali ataupun mengakhiri pelajar dikelasnya dan peserta didik sudah melaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan jadwalnya








Kompetensi 11    :  Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak
                                   diskriminatif

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.

Selama Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Wawancara dengan KS dan kordinator PKB
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
a) Guru Sudah memperlakukan semua peserta didik secara adil, dan tidak membatasinya perhatiannya hanya pada kelompok tertentu
b) Guru dalam membina hubungan baik terhadap teman sejawat  sudah bertindak secara inklusif dan tidak diskriminatif
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru lebih mnghargai lagi proses dan hasil kerja peserta didik yang dianggap baik dengan memberikan penghargaan / pujian dll

Pemantauan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Informasi dari KS dan coordinator PKB
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
Hendaknya guru lebih proaktif lagi dalam berbagai diskusi formal maupun informal yang terkait dengan bidang pekerjaannya







Kompetensi 12 :  Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidik, orang tua
                                peserta didik, dan  masyarakat

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Pemantauan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) Daftar Hadir orangtua/wali peserta didik
b) Daftar Hadir Rapat Wali Murid
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
a) Guru telah menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta dalam acara pembagian hasil evalusi /ulangan akhir semester
b) Guru menjalin kerjasama dengan guru BK dalam menangani masalah yang dihadapi siswa


















Kompetensi 13  :  Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan   
                                 yang mendukung mata pelajaran yang diampu

Nama Guru : ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Sebelum Pengamatan
Tanggal 26 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa Rencana Program Pembelajaran (RPP)
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
a) Guru telah melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit
b) Guru telah menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat dan mutakhir
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru lebih aktif lagi menyertakan informasi yang tepat dan mutaakhir didalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran

Selama Pengamatan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) Rencana Program Pembelajaran (RPP)
b) Pengamatan /Observasi
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
a) Guru menguasai,terampil dan lancer dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan kerangka topik yang dibahas
b) Guru merespon pertanyaan atau pendapat peserta didik yang relevan maupun tidak relavan dengan tujuan pembelajaran
Tindak lanjut yang diperlukan:
Hendaknya guru  lebih merespon lagi terhadap pertanyaan atau pendapat peserta didik walaupun tidak relevan dengan tujuan pembelajaran




Kompetensi 14 :  Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

Nama Guru :  ZUNI MARDLIYANA, S.Pd.
Nama Penilai :  SUCI ANDAYANI, S.Pd.
Pemantauan
Tanggal 27 September 2016
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa a) Jurnal pembelajaran
b) Sertifikat Lokakarya, seminar, workshop dan sertifikat MGMP
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
a) Guru sudah memiliki jurnal pembelajaran
b) Guru telah berpartisipasi dalam  kegiatan- kegiatan keprofesian yang mendukung kegiatan pembelajaran. Dintaranya pendidik (guru) telah mengikuti MGMP, Workshop, dan Loka Karya
c) Guru juga memanfaatka IT dalam berkomunikasi dan pengembangn keprofesian












Komentar

Posting Komentar